Hidup

Hidup,
adalah suatu anugerah terbesar dari Yang Maha Kuasa
adalah suatu yang patut disyukuri
adalah suatu yang tidak boleh disesali
adalah suatu yang terus berjalan tanpa kita sadari
adalah suatu yang terus berjalan baik kita mau atau tidak
adalah suatu pilihan
adalah suatu ujian dan cobaan
adalah suatu yang harus dijalani
adalah suatu yang dapat berakhir kapan pun tanpa kita tahu
adalah suatu yang di dalamnya dapat terjadi berbagai peristiwa
adalah suatu tanggung jawab

Hidup bagaikan air
Terus mengalir mengikuti arusnya
Hidup bagaikan angin
Bertiup kemana saja tanpa kita tahu arahnya
Hidup bagaikan api
Memberi cobaan, rintangan, ujian, halangan yang harus kita hadapi
Hidup bagaikan tanah
Dapat ditanami benih yang akan tumbuh baik menjadi pohon berbuah maupun rawa penghisap, tergantung dengan benihnya
Hidup bagaikan salju
Putih dan bersih, namun sedikit saja butiran salju itu ternoda, rusaklah semua
Hidup bagaikan kertas
Kita dapat menuliskan apa saja di atasnya
Hidup bagaikan batu
Sekali kita mengukir sesuatu di atasnya, tak dapat lagi kita hapuskan
Hidup bagaikan laut
Terbentang luas dengan ombak yang besar yang dapat mengombang-ambingkan kita
Hidup bagaikan bumi
Tempat segala sesuatu berlangsung
Hidup bagaikan langit
Tak jelas di mana akhirnya

Menurutku, semua itu masih belum cukup untuk memaknai arti hidup. Hidup memiliki arti sangat luas. Itu semua tak perlu dicari, hanya perlu dimengerti dan dipahami. Hidup ini seperti drama, ada yang berperan baik dan buruk. Ada yang berperan sebagai orang miskin dan orang kaya. Kadang ada yang berpikir Allah itu nggak adil, kenapa semua orang ngga jadi orang kaya aja? Kenapa cuma beberapa orang aja? Sebenarnya, semua itu saling berkaitan dan saling membutuhkan. Jika tidak ada orang miskin, kata “kaya” tidak akan pernah ada. Jika tidak ada cantik, maka jelek itu nggak ada. Kalau tidak ada atas, maka bawah itu tidak ada, semua saling berkaitan. Dan itu semua hanya kata pembanding. Orang yang hidupnya sudah ikhlas, dia tidak akan memikirkan hal itu semuanya, karena sebenarnya semua itu sama saja, sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihan.

Dalam hidup, berbagai hal terjadi. Baik suka maupun duka, nikmatilah. Sesungguhnya hidup itu bagaikan roda yang terus berputar, jika sekarang kita sedang susah, anggaplah kita sedang berada di bagian bawah roda itu. Dan percayalah setelah kesulitan itu pasti kamu akan kembali naik ke atas karena roda tersebut selalu berputar.

“Hidup ini tidak adil”
Begitu orang biasanya berkata bila hidupnya sedang susah. Jangan pernah kamu katakan hal itu lagi, sebenarnya hidup itu adil. Pandanganmu salah. Tidak mungkin ada orang yang sepanjang hidupnya selalu susah, pasti dia pernah merasakan kebahagiaan, jika ada orang yang bilang dia selalu susah sepanjang hidupnya, itu bohong. Pasti dia pernah merasakan senang walaupun sedikit, atau mungkin sebenarnya Allah pernah memberi nikmat padanya tapi dia yang tidak menyadari.

Jadi, buat yang lagi punya masalah, sebenernya kalo kita mau tetep mandang hidup ini indah, pasti hidup jadi indah beneran. Tergantung gimana kita mandangnya. Dan ingat bahwa semua di dunia ini akan tetap terjadi baik kita suka maupun tidak. Jadi ga semua keinginan kita itu bisa terwujud. Kalo ada sesuatu yang agak bertentangan sama maunya kita, terima ajalah. Bawa nyantai. Ingat hidup ini seperti roda, ada saatnya kamu akan di atas, dan pasti ada masanya kamu di bawah. Yang harus kita lakukan hanya menunggu dan bersabar. So, jalani hidup dengan senyuman.
———————————————————————————-

–): Kit Rose :(–
Ditulis oleh Aprilia Wilona Kaulika
Sebagai hasil dari mengumpulkan remah nasehat kedua orang tuanya.

2 responses to “Hidup

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s